Gangguan Pada Pembuluh Darah

Penyempitan pembuluh darah dikaitkan dengan penyakit jantung dan serangan jantung. Bahkan, penyempitan pembuluh darah juga bisa mempengaruhi organ lain, bukan hanya jantung.

Pembuluh darah adalah organ seperti selang yang ada di seluruh tubuh, mulai dari ujung kaki hingga ujung kepala. Fungsi utama pembuluh darah adalah untuk mengontrol tekanan darah dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Secara alami, pembuluh darah bisa menyempit (constriction) atau melebar karena pengaruh aktivitas otot di dindingnya.
Gangguan Pada Pembuluh Darah
Nutrinext Kapsul Obat Penyempitan Pembuluh Darah

Penyebab Penyempitan Pembuluh Darah

Menyempitnya pembuluh darah dapat terjadi secara alami untuk mengatur suplai darah dan tekanan darah di bagian tubuh tertentu. Pembuluh darah juga bisa menyempit ketika Anda berada di tempat yang dingin atau memiliki suhu lebih rendah dari suhu tubuh. Ketika ada penyempitan arteri, suplai darah menjadi lebih lambat, tetapi tekanannya menjadi lebih besar.
Selain terjadi dengan cara alami, proses penyempitan pembuluh darah juga bisa terjadi dari faktor dari luar.. antara lain :

  1. Penyakit tertentu

Salah satu penyakit yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah adalah sindrom vasokonstriksi serebral otak (RCVS). Kondisi ini terjadi ketika otot yang memengaruhi aktivitas pembuluh darah di otak terganggu. Kondisi ini biasanya ditandai dengan sakit kepala mendadak. Hipotermia juga dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit. Ketika Anda kedinginan, tubuh Anda akan menggigil untuk merangsang aktivitas otot dan menghasilkan panas tubuh. Untuk menjaga suhu tubuh Anda hangat, pembuluh darah akan menyempit.

  2. Efek obat - obatan

Pembuluh darah juga bisa menyempit karena efek dari obat-obatan tertentu seperti antidepresan, obat anti-Parkinson, obat dekongestan, imunosupresan, beberapa macam obat untuk mengurangi pendarahan di saat melahirkan, atau obat migrain. Obat-obatan terlarang, seperti ganja, kokain, dan ekstasi, juga dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

  3. Keadaan psikologis

Jika Anda mengalami stres atau masalah psikologis lainnya, sistem sirkulasi dalam tubuh menjadi tidak normal, pembuluh darah juga mungkin mengalami penyempitan mendadak. Akibatnya, kondisi ini menyebabkan irama jantung menjadi tidak teratur.

Rekomendasi Obat Penyempitan Pembuluh Darah