Trik Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Nyeri punggung bawah selama kehamilan adalah kondisi umum. Tetapi jika kondisi ini tidak dikelola dengan benar, kondisi ini dapat, dalam jangka panjang, berdampak buruk pada kenyamanan ibu hamil. Dalam beberapa kasus, sakit punggung juga bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang lebih serius.

Nyeri punggung bawah selama kehamilan disebabkan oleh perubahan konsentrasi tubuh akibat perkembangan rahim, oleh karena itu wanita hamil harus menyesuaikan posisi mereka sambil berdiri dan berjalan. Selain itu, perubahan hormon dan pemanjangan ligamen terjadi saat proses alami tubuh bersiap untuk melahirkan. Peregangan ini dapat menyebabkan tekanan dan rasa sakit di punggung dan pinggang bagian bawah.

Rasa sakit di pinggang juga dipengaruhi oleh peningkatan ukuran janin, yang membantu meningkatkan ketegangan pada punggung dan pinggang.

Nyeri punggung bawah mungkin juga tampak menyebar ke kaki selama kehamilan. Keluhan ini mungkin membuat Anda ingin tetap di tempat tidur, tetapi tidur sepanjang hari membuat sakit punggung Anda semakin parah.

Jadi apa yang bisa dilakukan?

Bahkan jika Anda sedang hamil, ini tidak berarti bahwa kegiatan sehari-hari di rumah hanya tentang makan dan beristirahat. Wanita hamil dapat melanjutkan aktivitas normal mereka seperti sebelum kehamilan, tetapi dengan dosis yang lebih ringan. Tindakan apa yang bisa diambil untuk mengurangi nyeri punggung selama kehamilan? Lihat penjelasan di bawah ini:

Berolahraga secara teratur

Olahraga dapat meningkatkan kelenturan tubuh dan memperkuat otot, terutama di bagian pinggang, perut bagian bawah dan kaki. Anda bisa berjalan, berenang, atau melakukan yoga. Ingatlah untuk melakukan semua gerakan ini dengan hati-hati karena persendian tubuh menjadi longgar selama kehamilan.

Tidur di posisi yang tepat

Posisi tidur yang disarankan untuk wanita hamil adalah mereka berada di pihak mereka dan bukan di punggung mereka. Tekuk lutut lainnya dan letakkan bantal di bawahnya. Juga letakkan bantal di bawah perut Anda dan di belakang punggung Anda. Yang terbaik adalah menggunakan sandaran bantal ketika berbaring atau duduk dalam waktu lama.

Hindari duduk atau berdiri terlalu lama

Anda lebih berisiko sakit punggung selama kehamilan jika Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda duduk atau berdiri. Duduk atau berdiri terlalu lama dapat memicu timbulnya rasa sakit ini. Hindari tetap terlalu cepat atau berbaring.

Lakukan pijatan saat hamil

Pijat khusus untuk wanita hamil oleh terapis bersertifikat dapat meredakan sakit punggung dan membuat Anda lebih rileks. Anda juga bisa mengikuti terapi akupunktur. Terapi akupunktur dapat membantu dokter untuk meringankan sakit punggung selama kehamilan.

Pertahankan berat badan ideal Anda

Wanita hamil harus menjaga berat badan ideal mereka. Kelebihan berat badan bisa menyebabkan sakit punggung selama kehamilan. Selain mengurangi sakit punggung, yang terbaik adalah meminta orang lain untuk mengangkat benda berat.

Kenakan sepatu hak datar

Kenakan sepatu dengan tumit datar yang nyaman saat bepergian dan hindari berdiri dalam waktu lama. Saat perut tumbuh, mengenakan sepatu hak tinggi meningkatkan risiko mengembangkan sakit punggung dan tar

Umumnya, sakit punggung selama kehamilan dapat dikurangi dengan perawatan independen yang ditunjukkan di atas. Namun, hubungi dokter Anda segera jika sakit punggung Anda tidak hilang atau lebih sakit. Anda harus lebih waspada jika rasa sakit terjadi di belakang pinggang, di bawah tulang rusuk. Ini bisa menjadi gejala infeksi ginjal, terutama jika disertai dengan mual, demam, dan darah dalam urin.