Mudah Dilakukan, Ini 5 Cara Hilangkan Jerawat

Kulit wajah yang sehat adalah dambaan setiap orang. Tidak hanya wanita, kulit wajah yang sehat juga meningkatkan kepercayaan diri pria. Namun, banyak penyakit kulit wajah yang bisa dialami pria dan wanita, salah satunya adalah jerawat.

Menurut National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases, Jerawat adalah masalah kulit yang disebabkan oleh penyumbatan sel kulit mati atau kelebihan sebum dalam folikel rambut. Biasanya, jerawat tampak menyebabkan peradangan kulit, bintik-bintik gelap dan terkadang menyebabkan rasa terbakar atau sakit saat disentuh.

Berikut ini beberapa penyebab jerawat

Masalah jerawat kulit wajah yang disebutkan oleh National Health Service UK sering dikaitkan dengan kondisi perubahan hormon. Beberapa hormon menyebabkan kelenjar minyak menghasilkan minyak atau sebum tambahan pada wajah kulit. Sebum berlebihan atau sebum abnormal mengubah aktivitas bakteri kulit yang biasanya tidak berbahaya menjadi agresif. Kondisi ini menyebabkan peradangan dan jerawat di kulit.

Pada wanita, kondisi ini sering terjadi selama kehamilan atau menstruasi. Kedua kondisi ini menyebabkan perubahan hormon dalam tubuh. Selain itu, kurangnya pemeliharaan kebersihan wajah juga merupakan faktor lain yang meningkatkan jerawat alami kulit.

Ketahui cara menghilangkan jerawat


Lakukan beberapa cara ini untuk menghilangkan jerawat yang membandel, khususnya:

1. Bersihkan wajah Anda secara teratur

Menurut American Academy of Dermatology, pembersihan wajah secara rutin setidaknya dua kali sehari dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah jerawat yang terjadi. Jangan lupa untuk menggunakan sabun yang cocok untuk jenis kulit Anda agar segera menghindari babi.

Untuk hasil terbaik, jangan lupa untuk membersihkan wajah Anda segera setelah bangun ketika Anda sedang beristirahat dan terkena polusi dari luar ruangan. Tidak hanya wajah, perlu untuk secara teratur membersihkan kasur, seprai dan bantal agar kotoran tidak menyebabkan jerawat di masa depan.

2. Menggunakan krim anti jerawat

Anda dapat menggunakan krim anti jerawat untuk mengobati masalah jerawat. Tidak pernah ada masalah untuk mengikuti instruksi dari tim medis atau medis tentang penggunaan krim anti jerawat. Anda dapat menggunakan Halodoc untuk meminta dokter kulit menggunakan krim jerawat yang tepat untuk kondisi kulit Anda.

3. Jaga agar kulit Anda tetap terhidrasi

Selain membersihkan kulit secara teratur, Anda bisa menghilangkan jerawat dengan mengonsumsi lebih banyak air. Pemenuhan kebutuhan cairan dalam tubuh setiap hari dapat membuat kulit terhidrasi. Mulai Healthline, kulit kering memicu minyak ekstra, yang meningkatkan risiko jerawat. Karena itu, tidak ada salahnya menambah asupan air setiap hari, oleh karena itu kulit menjadi terhidrasi dan jerawat perlahan-lahan bisa hilang.

4. Jaga pola makan Anda

Menurut American Academy of Dermatology, ketika Anda memiliki kondisi kulit yang cenderung berjerawat, Anda harus menghindari mengonsumsi produk susu. Sebaiknya perbanyak konsumsi buah dan sayuran yang mengandung antioksidan. Menurut Pusat Nasional untuk Kesehatan Pelengkap dan Integratif, antioksidan termasuk dalam beberapa sayuran berwarna cerah seperti paprika, bayam dan buah beri.

Selain menjaga pola makan, beberapa sayuran dan buah-buahan juga bisa digunakan sebagai masker untuk mengatasi masalah jerawat yang membandel, seperti alpukat, lemon, tomat dan mentimun. Kandungan vitaminnya dapat mengatasi jerawat yang membandel.

5. Mengurangi tingkat stres

Tingkat stres yang berlebihan juga memicu jerawat di kulit wajah. Tidak ada salahnya untuk melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan untuk secara memadai mengatasi kondisi stres yang dialami.

Menurut American Academy of Dermatology, jerawat juga terkait dengan kesehatan mental manusia. Selain mengganggu kesehatan kulit, jerawat dapat menyebabkan penurunan kepercayaan diri terhadap depresi.

Nah, ini beberapa cara sederhana untuk menghilangkan jerawat. Ingatlah untuk menjaga kesehatan kulit Anda tidak hanya di luar tetapi juga di bagian dalam kulit.