Manfaat Daun Pegagan

Daun Pegagan

Pegagan (Centella Asiatica L.) dapat dikatakan sebagai tanaman liar karena banyak sekali tumbuh di pekarangan, ladang, pinggir jalan, perkebunan, atau di pematang sawah. Tanaman Pegagan menyukai tanah yang banyak mengandung air dan cukup mendapat sinar matahari atau teduh.

Pegagan (Latin: Centella Asiatica L.) merupakan tanaman yang berkhasiat bagi otak. Tanaman ini biasa tumbuh di kebun, ladang, pematang sawah atau ditepi jalan. Tanaman ini bagus untuk dikonsumsi sehari-hari. Sebagai pengganti Ginko Biloba yang terdapat dalam suplemen sintetis.
manfaat daun pegagan

Kandungan Daun Pegagan

Pegagan memiliki kandungan asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, tanin. Garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi.
Glikosida Triterpenoida diduga yang disebut Asiaticoside yaitu Antilepra dan penyembuh luka yang sangat luar biasa. Zat Vellarine yang ada memberikan rasa pahit.

Manfaat Daun Pegagan

Pegagan selain bagus untuk kecerdasan otak, juga memiliki banyak manfaat lain. Diantaranya:
  1. Meningkatkan daya ingat
  2. Meningkatkan syaraf memori
  3. Meningkatkan mental dan stamina tubuh
  4. Menghentikan pendarahan (Haemostatika)
  5. Membersihkan darah
  6. Melancarkan peredaran darah
  7. Peluruh kencing (Diuretika)
  8. Penurun panas (Antipiretika)
  9. Anti bakteri, tonik, antispasma, antiinflamasi, hipotensif, insektisida, antialergi dan stimulan Saponin yang ada menghambat produksi jaringan bekas luka yang berlebihan (menghambat terjadinya keloid)
  10. Meningkatkan sirkulasi darah pada lengan dan kaki
  11. Mencegah varises dan salah urat
  12. Menurunkan gejala stres dan depresi,

Racikan Daun Pegagan

Cara mengkonsumsi daun pegagan ini bisa dengan di jadikan lalapan, ( konsumsi langsung ) kita juga bisa jadikan minuman hangat pengganti teh. Dari kebanyakan produk yang menggunakan daun pegagan ini untuk bahan obat herbal. Selain itu juga bisa di gunakan untuk perawatan kulit baik untuk anak anak dan dewasa dengan cara di lulurkan atau menjadi body lotion  sederhana. 
Cara simple dan cepat serta higenis mengkonsumsi daun yang kaya akan khasiat ini adalah dengan nutrinext lastabumin. Madu cocok untuk anak sebagai penopang nutrisi tubuh dan otak.