Tips Solusi Anak Susah Makan

Kesulitan makan anak pasti akan membuat Ibu kesal. Ibu sering bingung harus memasak apa, karena anak Anda pilih-pilih soal makanan. Jadi saya takut dia akan mati kelaparan, dan tidak mendapatkan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhannya.
Tips anak susah makan

Ibu telah melakukannya dengan berbagai cara, mengatur video kartun favoritnya sehingga dia ingin makan, bahkan ketika diberi makan. Tapi anak itu masih sulit makan, dan hanya ingin makan makanan yang dia cintai.

Mengutip Huffington Post, seorang ahli pediatrik mengatakan bahwa anak-anak yang pilih-pilih tentang makanan adalah salah satu cara anak-anak menegaskan kemandirian mereka. Dia akan makan apa yang dia inginkan, pada waktu yang ditentukan.

Pada tahap ini, orang tua tidak perlu terlalu khawatir, asalkan tahap pertumbuhan dan perkembangan berjalan lancar. Dan untuk mengurangi kekhawatiran orang tua tentang nutrisi untuk anak, berikut adalah 10 hal yang dapat Anda lakukan.

Kiat menangani anak-anak yang susah makan untuk menghindari kelaparan

1. Jangan berdebat setiap jam

Anak-anak yang pilih-pilih soal makanan sering marah. Tetapi cobalah bersabar, dan jangan memaksanya makan makanan yang tidak disukainya. Karena efeknya lebih buruk.

Mungkin tidak mudah bagi Anda untuk melakukannya, tetapi jika kebiasaan makan Anda dapat memicu gangguan makan, Anda harus lebih berhati-hati dalam menangani kebiasaan makan Anda.

2. Catat apa yang dimakan anak Anda dalam sehari

Tanyakan semua orang yang bertemu anak itu hari itu. Semua yang dia makan, termasuk makanan ringan. Lalu saya akan mendapatkan data tentang apa yang dimakan anak dalam sehari.

Jadi, itu hanya karena anak itu tidak mau makan besar di makanan yang ditunjuk. Bukannya dia kelaparan.

3. Siapkan camilan kalori untuk camilan

Untuk memastikan dia masih bisa mendapatkan asupan energinya sepanjang hari, bahkan jika dia tidak makan saat makan. Dia perlu menyiapkan makanan ringan penuh kalori yang bisa dia makan kapan pun dia mau.
Contoh makanan ringan kalori adalah selai kacang, keju, kacang-kacangan dan buah-buahan. Karena itu, boleh saja anak-anak kesulitan makan ketika disuruh makan nasi. Asalkan asupan kalori masih cukup dari camilan yang Anda berikan.

4. Rencanakan menu lengkap yang berbeda setiap hari

Siapa pun akan bosan jika harus makan menu yang sama setiap hari. Buat menu unik dengan presentasi menarik yang dapat merangsang anak untuk makan. Pastikan menu yang Anda buat mengandung makanan yang disukainya, sehingga anak-anak lebih mungkin memakannya.

5. Minta bantuan, jika Anda membutuhkannya

Jika ibu tidak cukup kuat untuk berurusan dengan anak-anak yang sulit makan, atau anak itu lebih keras kepala ketika disuruh makan. Dapatkan bantuan dari orang tua atau orang dewasa lain yang dapat membuat anak Anda patuh.

Namun, jika dokter mengatakan tidak ada keterlambatan dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan anak, maka Ibu tidak perlu memaksa terlalu banyak sampai dia ingin makan. Dan jangan pernah menyerah pada selera anak-anak Anda akan makanan ringan, karena itu tidak sehat.

6. Jangan memakannya

Anak-anak sering melakukan kebalikan dari apa yang dikatakan orang tua mereka. Karena itu, coba gunakan taktik untuk melarang makan. Atau jangan menyuruhnya makan sama sekali.

Anda akan terkejut ketika mengetahui, anak itu juga meminta makanannya sendiri ketika orang tuanya tidak menyuruhnya makan.

7. Ikuti keinginan anak-anak

Berurusan dengan anak-anak dengan gangguan makan tidak harus dipaksakan. Kita tahu dia membutuhkan diet seimbang. Tapi itu tidak memalukan jika makanan itu sia-sia karena dia tidak mau memakannya.

Karena itu, tidak ada salahnya mematuhi keinginan anak-anak, tentang apa yang ingin dia makan hari itu. Mungkin hari ini dia hanya ingin makan sesuatu yang manis, dan besok dia hanya ingin makanan secukupnya.

Ikuti saja perasaan anak tentang makanan, karena dia tidak akan makan hal yang sama setiap hari.

8. Suplemen

Memberikan suplemen untuk anak-anak dapat menjadi cara jitu untuk menjaga kesehatan tubuh. Pilih suplemen permen atau jeli yang disukai anak-anak Anda. Sebaiknya suplemen mengandung jahe yang bisa meningkatkan nafsu makan.

9. Jangan membandingkan

Jangan sedih melihat anak-anak lain makan dengan bahagia. Atau jika seseorang berkomentar mengapa anak Anda kurus. Jangan biarkan anak merasa bahwa ia memiliki masalah gizi hanya karena komentar-komentar ini.

Jika orang tua percaya anak itu sehat dan memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang baik, abaikan komentar itu. Yang terpenting adalah kesehatan anak.

10. Berikan contoh

Dalam kondisi makan bersama keluarga cobalah memberi contoh dengan meletakan makanan di atas piring dan kemudian  menyantap nya. giring dan ajak anak untuk melakukan hal yang sama dengan menunjukan bahwa itu sebuah hal yang bagus