Ciri Anak Cukup GIZI

Ciri Status Gizi Anak Itu Baik

Beberapa orang tua khawatir tentang pertumbuhan dan perkembangan anak-anak mereka. Sebenarnya, Anda tidak perlu khawatir. Selain mengetahui langsung dari pemeriksaan rutin dengan dokter Anda, di pusat kesehatan Anda, atau di pusat kesehatan, Anda dapat mengevaluasi status gizi anak Anda.
ciri anak cukup gizi

Tanda-tanda berikut ditunjukkan ketika status gizi anak dalam kondisi normal:

1. Memiliki berat dan tinggi normal

Berat dan tinggi badan penting dalam menentukan status gizi anak. Mengetahui berat dan tinggi badan anak Anda pasti akan membantu Anda dalam menilai status gizi anak Anda.

Menurut Departemen Kesehatan Indonesia, bobot dan rata-rata berikut dianggap normal pada setiap kelompok umur anak-anak:

Berat badan

    0-6 bulan: 3,3-7,9 kg
    7-11 bulan: 8.3-9.4 kg
    1-3 tahun: 9,9-14,3 kg
    4-6 tahun: 14,5-19 kg
    7-12 tahun: 27-36 kg
    13-18 tahun: 46-50 kg

Ketinggian

    0-6 bulan: 49,9-67,6 cm
    7-11 bulan: 69.2-74.5 cm
    1-3 tahun: 75,7-96,1 cm
    4-6 tahun: 96,7-112 cm
    7-12 tahun: 130-145 cm
    13-18 tahun: 158-165 cm

2. Tidak mudah terluka

Anak-anak dengan status gizi yang baik akan memiliki status kesehatan yang baik. Ini karena berbagai macam suplemen nutrisi akan membuat sistem kekebalan tubuh Anda lebih kuat.

Akibatnya, tubuh anak lebih tahan terhadap penyakit menular. Bahkan, berbagai penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dengan status gizi buruk sangat rentan terhadap berbagai penyakit menular.

Salah satunya adalah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah PLoS ONE. Studi tersebut menyatakan bahwa anak-anak dengan gizi buruk, ternyata memiliki sel darah putih lebih sedikit daripada anak-anak dengan gizi baik.

Faktanya, komponen sel darah ini bertindak sebagai mekanisme pertahanan untuk mempertahankan tubuh yang sehat. Selain itu, obesitas juga menunjukkan bahwa anak-anak tidak memiliki nutrisi yang baik.

Dalam hal ini, timbunan lemak dalam tubuh cenderung melebih-lebihkan risiko berbagai penyakit. Selain itu, anak-anak yang kelebihan berat badan berisiko tinggi untuk berbagai penyakit kronis. Dimulai dengan penyakit jantung, stroke, dan diabetes.
madu anak cukup gizi

3. Dapatkan nafsu makan yang baik

Nafsu makan yang baik adalah tanda bahwa anak Anda sehat. Dalam hal ini, nafsu makan tidak hanya kurang nafsu makan tetapi juga nafsu makan yang berlebihan. Keduanya dapat menyebabkan masalah gizi pada anak-anak.

Anak-anak yang sehat cenderung memiliki kurang nafsu makan, atau cenderung berkecil hati dan malas makan. Sementara itu, anak-anak yang kelebihan berat badan cenderung memiliki nafsu makan tinggi yang sebenarnya tidak baik untuk kesehatan mereka, Jika Anda kesulitan mengendalikan nafsu makan anak Anda, Anda dapat berkonsultasi dengan ahli gizi.

4. Anak itu aktif dan gesit

Tanda lain untuk mengetahui apakah anak Anda memiliki nutrisi yang baik adalah dengan melihat kegiatan sehari-hari mereka. Anak-anak dengan status gizi yang baik cenderung lebih aktif dan lebih aktif dalam berbagai kegiatan fisik.

Ini akan terlihat berbeda dari anak-anak yang tidak sehat yang cenderung lelah dan lelah. Bahkan anak-anak yang kelebihan berat badan juga biasanya lebih pasif daripada anak-anak dengan berat badan normal. Sebab, kelebihan berat badan akan membuat anak lelah dengan aktivitas.