Temulawak

Temulawak (Curcuma xanthorhiza roxb) milik keluarga jahe (zingiberaceae), tanaman herbal asli Indonesia. Distribusi tanaman temulawak banyak ditanam di Jawa, Maluku dan Kalimantan.

Karakteristik jahe tumbuh sebagai pohon tanpa semak, mulai dari pangkal yang berupa tangkai panjang. Ketinggian tanaman berkisar antara 2-2,5 milimeter, daunnya bundar seperti daun pisang di mana batangnya hampir membentuk batang.
Manfaat temulwak

Tanaman ini dapat tumbuh di dataran rendah dengan ketinggian 750 meter di atas permukaan laut, tanaman ini dapat dipanen setelah 8-12 bulan dengan karakteristik daun kuning.

Akar akan tumbuh di pangkal batang berwarna kuning gelap atau coklat muda dengan diameter 15 cm dan panjang 6 cm, harum dan sedikit pahit dan sedikit pedas.

Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan

Temulawak telah digunakan secara turun-temurun oleh nenek moyang kita untuk mengobati penyakit kuning, diare, radang lambung, perut kembung dan sakit. Namun belakangan ini juga dapat digunakan untuk mengurangi lemak darah, mencegah pembekuan darah sebagai antioksidan dan menjaga kesehatan dengan meningkatkan kekebalan tubuh.